Trip WANI #1 : Baluran National Park

Kuliah tinggal menghitung hari, kemarin saya bersama 5 teman memutuskan untuk pergi ke Banyuwangi, sebagai upaya menghilangkan kebuntuan tak berujung. Bisa dikatakan trip kemaren kelewat nekat. Pencetus idenya saya, Joshua dan Paung. Karena takut berujung hanya sekedar wacana, akhirnya kita memutuskan buat beli tiket kereta langsung walaupun belum jelas mau gimana disana hahaha.

Tiket kereta Sri Tanjung tujuan Banyuwangi jam 13.40. Saya dan temen-temen janjian ketemu di kampus jam setengah satu siang. Tapi ya kan biasa jamnya mahasiswa pasti ngaret. Aku di ping gak karuan sama bocah-bocah itu soalnya tiket kereta aku yang bawa hahaha. Udah kumpul langsung aja cus Stasiun Gubeng.

Ya tapi namanya manusia kan cuma bisa berencana, udah ngebut banget ke Gubeng, udah sampe tepat waktu, ternyata malah keretanya sendiri yang molor, baru dateng jam setengah 4 sore. Hampir 2 jam an kita nge-gembel di stasiun Gubeng. Huff sekali.

Akhirnya kereta Sri Tanjung yang udah lama ditunggu dateng juga, kita naik gerbong 5, duduk manis sampe Banyuwangi. Ternyata kereta yang terlambat tadi menghancurkan segala rencana. Rencana awal yang harusnya udah sampe Banyuwangi jam 8 malem harus mundur jadi jam 1 dini hari baru sampe stasiun Karangasem. Rencana awal yang harusnya sampe langsung naik ke Ijen juga harus batal karena kita baru sampe di Karangasem jam 1 malem dan tidak ada angkutan apapun yang bisa mengangkut kita sampe Ijen di jam semalem itu. Jangan kira stasiun disini kaya di Surabaya, yang jam berapa aja kayanya masih rame, disini sepi bangetttt. Alih-alih mau ngopi, warkop disini gak ada yang buka sama sekali. Habis sholat isya kami memutuskan buat bermalam di stasiun. Selain gratis, we had no other option. Mau gimana lagi.

Jadi kita mau tidur dimana?

Selfie dolo bolelaaaa

Setelah bobo di stasiun yang asli nyenyak banget soalnya kecapekan, paginya kami numpang mandi di mushola yang jaraknya hampir sekiloan dari stasiun. Sambil mikirin kita harus gimana hari ini. Tujuan utama sih ke kawah Ijen, tapi kan itu malem, trus siangnya kita harus kowa kowo di stasiun gitu? hmm.

Dari kiri, Afifa, Joshua, Paung, Niken dan Allan.

itu udah mandi lho, walau bajunya gak ganti hakhak

Setelah perundingan panjang, akhirnya kami memutuskan untuk carter mobil, dengan pertimbangan biar bisa kemana-mana, lebih fleksibel. Mobil dateng sekitar jam 10 siang, langsung cus TN. Baluran. Perjalanan lancar, lancar tidurnya. Tidur semua bos hahhaa. Cuma Josh aja yang gak tidur, katanya "Biar aku aja yang jagain kalian" -_- 2 jam an perjalanan, akhirnya kita nyampe Bekol juga..

Di Bekol kita cuma foto-foto saja, eh sama ke Pos Pantau. Abis foto-foto kita langsung ke Bama. Kangennya liat pantaaaaai :D Oh ya, kemaren pas kita kesana entah kenapa sepi banget. Kayanya cuma kita yang ke Baluran hari itu, cuma papasan sama 1 mobil pas kita pulang. Berasa pantai milik sendiri kyaaaaa ><

Habis dari Bama, kita maunya ke Pulau Merah. Tapi gak nutut waktunya keburu gelap, nanti jadinya Pulau Hitam dong :( jadi akhirnya kita memutuskan buat langsung cus ke Ijen habis magrib..