Greenbay, Banyuwangi.

Greenbay terletak di desa Sarongan, kecamatan Pesanggaran. Berjarak sekitar 90 km arah selatan kota Banyuwangi. Untuk menuju ke tempat ini, kita bisa mengikuti arah menuju Pesanggaran-Sarongan-Sukamade, menuju ke Taman Nasional Merubetiri dulu, baru dilanjutkan ke Greenbay.

Beberapa hari yang lalu, saya bersama 7 orang teman memutuskan untuk mengunjungi tempat ini karena sudah sumpek dengan hati kota yang makin hari makin ruwet. Perjalanan dari Banyuwangi kota ke Merubetiri memakan waktu kurang lebih 4 jam. Sebenernya kalo dibilang jauh ya lumayan, tapi nggak jauh-jauh amat sih. Jalannya itu lho.. rusak parah, apalagi lagi musim hujan. Jadilah memakan waktu lebih banyak. Kalo udah sampe pos 1, kita bakal nemu gerbang. Disini ada penjaganya, kita diminta buat ngisi buku tamu dulu, sama bayar Rp.20.000,- baru bisa lanjut perjalanan.

Jalanan ke Merubetiri lewatin perkampungan penduduk, gak banyak Alfamart atau Indomart ya. Kalo mau kesini mending bawa perbekalan dari rumah atau beli dulu di Banyuwangi kota. Gak disaranin juga bawa mobil yang pendek semacam sedan atau jazz gitu. Bakal susah deh kayanya soalnya jalannya rusak banget. Kita juga kudu lewatin jembatan kayu gitu, padahal yang lewat mobil. Feel the sensation, bro.

Ketika sampai di gerbang Taman Nasional Merubetiri, kita harus beli tiket masuk. Satu orang harus membayar Rp.5.000,- dan biaya kendaraan Rp.10.000,- kalo mobil. Eits, belum sampe ya, kita masih harus menuju Pantai Rajagwesi dulu sebelum ke Greenbay. Nah, dari pantai ini, ada beberapa alternatif kendaraan yang bisa kita gunakan menuju Greenbay :

  1. Trekking. Sangat disarankan kalo ingin menambah suasana petualangan. Jalurnya masuk hutan-hutan dulu di Merubetiri. Banyak warga yang bisa ditanyai arah kok, jadi santai saja. 
  2. Ojek motor. Dihargai Rp.10.000 per orang per sekali jalan. Jadi pulang pergi Rp.20.000,-
  3. Naik kapal. Dihargai per orang Rp.35.000,- pulang pergi. Saya sih kemaren naik ini, selain udah patah kaki gara-gara habis naik Ijen, biar lebih seru aja dari gunung lalu ke laut wkwk.
Naik kapalnya gak lama, sekitar 15 menitan sampailah kita ke Greenbaaaaayyyy :))))


Di Greenbay kita brasa jadi bocah lagi, main-main air, gulung-gulung di pasir, main ombak, gulung-gulung lagi, ngegalau, dan foto-foto. Kami sampe sini udah jam 2an, jadilah udah agak sepi. Banyak pengunjung yang papasan pulang waktu kita dateng. Aaaa pantai ini punya akuuu :))))


Kami cabut dari Greenbay jam 5 sore, karena jam 5 sore Greenbay udah harus steril. Gausah ngarep sunset-an di Greenbay juga ya, di Greenbay gak bisa liat sunset soalnya mataharinya ada di belakang Greenbay wkwk. Kalo basah-basahan, kita baru bisa mandi dan ganti baju di Rajagwesi. Jadi kalo yang trekking bawa baju ganti ya, biar gak masuk angin. Disaranin juga keluar Metubetiri sebelum gelap, karena gak ada penerangan sama sekali kak. Semoga info-infonya membantu buat yang mau main-main ke Greenbay :)

Remember, don't leave anything but footprint, don't take anything but picture. Jangan jadi wisatawan alay yang tulis-tulis nama di batu-batu ya. Kalo gak kita sendiri yang jaga potensi wisata Indonesia, siapa lagi kakak? :)