IT Graduate Development Program PT Angkasa Pura II (Persero)

Graduate Development Program (GDP) adalah salah satu jalur rekrutmen baru yang diadakan oleh PT Angkasa Pura II. Jika biasanya rekrutmen BUMN membutuhkan waktu rata-rata 5-6 bulan dari pendaftaran hingga pengumuman akhir, GDP PT Angkasa Pura II hanya memakan waktu 1-1.5 bulan. Singkatnya waktu rekrutmen tentu saja menguntungkan bagi para applicant, siapa sih yang suka di-php lama-lama. Singkatnya waktu rekrutmen bukan berarti mengurangi kualitas seleksi. Setiap applicant tetap diseleksi dalam beberapa tahap, yang membedakan adalah tahap-tahap tersebut dikelompokkan sehingga mempersingkat waktu. Untuk rekrutmen GDP IT yang buka pada bulan Mei 2017, seleksi dilakukan di 3 kota, yaitu Jakarta, Bandung dan Yogyakarta, dengan tahapan antara lain:



1. Seleksi Administrasi
Pendaftaran dibuka melalui website recruitment.angkasapura2.co.id. Para applicant harus melengkapi data diri dan mengungah beberapa dokumen pendukung, seperti contohnya data diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, ijazah, transkrip nilai, sertifikat toefl, dsb. Tahap ini merupakan tahap yang paling sadis menurut saya, untuk rekrutmen GDP IT, dari sekitar 4000 yang daftar, yang lolos administrasi hanya sekitar 70 orang. Peluangnya Cuma 0.0175 haha

2Tes Potensi Akademik
Tes TPA dilakukan secara offline, saya memilih lokasi tes Yogyakarta bertempat di Gedung ECC UGM. Tes TPA digabung dengan FGD, wawancara psikolog, dan wawancara user. Jadi tes berlangsung sehari penuh dari pagi hingga malam. Untuk tes TPA, terdiri dari beberapa subtes. Dari mulai pengetahuan umum, gambar, persamaan dan lawan kata, kelompok kata, wartegg, gambar pohon, pauli, dsb. Secara garis besar tes TPA masih bisa dibilang standard dan tidak terlalu rumit. Yang pasti sarapan ya sebelum tes hehe.

3. Focus Group Discussion (FGD)
Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok, tes selanjutnya adalah FGD. Satu kelompok terdiri dari 6 orang. Dalam FGD itu kami mendiskusikan terkait faktor-faktor apa saja yang harus diprioritaskan dalam penyelenggaraan sebuah bandara. Kami berdiskusi berdasarkan bacaan yang dibagikan oleh assessor. Kunci standar dalam sebuah FGD adalah aktif tapi tidak mendominasi, tunjukkan inisiatif, dan menghargai pendapat orang lain. Simak tips FGD yang lebih lengkap disini.

4. Wawancara Psikolog
Setelah melakukan FGD, tes dilanjutkan dengan wawancara psikolog. Psikolog yang mewawancarai adalah psikolog independen yang ditunjuk oleh PT Angkasa Pura II untuk rekrutmen ini. Lucky me, saya mendapat psikolog yang ramah dan menyenangkan. Proses wawancara berjalan dengan lancar. Psikolog akan menggali kebiasan-kebiasaan kita, bagaimana ketahanan kita terhadap stress dan tekanan, dan attitude atau sikap kita. Yah, semua dinilai dalam waktu kurang lebih 1 jam. Kuncinya tenang dan pede, bicara dengan jelas dan tidak bertele-tele. Jadilah pribadi yang menyengkan, akan sangat berguna untuk hal-hal seperti ini hehe.

5. Wawancara User
Karena saya apply untuk GDP IT, maka user yang mewawancarai saya adalah user yang berasal dari divisi IT Kantor Pusat. Pewawancara terdiri dari dua orang, 1 orang user dan 1 orang lainnya berasal dari divisi Human Resources (SDM). Wawancara berlangsung selama kurang lebih 1 jam. Pertanyaan dari user lebih kepada technical skill, seperti project apa saja yang pernah dikerjakan, peran kita sebagai apa dalam project tersebut, bidang apa saja yang pernah kita pelajari saat kuliah, dsb. Sedangkan untuk HR, pertanyaan lebih kepada kesiapan kita untuk ditempatkan di seluruh Indonesia apabila kita diterima yang diwujudkan dalam penandatanganan komitmen di atas materai.

6. Tes Kesehatan
Tes kesehatan dilakukan di lab Kimia Farma. Tes kesehatan meliputi tes darah (kolesterol, gula darah, asam urat), tes mata, EKG (rekam jantung), tes urine, tes pendengaran, tes pernafasan, rontgen, dan pemeriksaan fisik oleh dokter.

7. Wawancara Direksi
Wawancara direksi dilaksanakan di Hotel Sheraton Jogjakarta. Yang mewawancarai adalah direksi sesuai dengan bidang kita, jadi yang mewawancarai aku kemarin adalah Direktur SDM, Umum dan IT. Direksi akan mengkonfirmasi hasil dari interview kita dengan psikolog pada tahap yang lalu. Tidak ada parameter yang jelas mengenai apa kriteria yang dicari oleh direksi. Saya tidak merasa melewati tahap ini dengan baik, tapi ternyata GDP IT menjadi rejeki saya.

Yah, it’s been 3 months since I signed the contract with PT Angkasa Pura II. Banyak sekali pengalaman baru yang saya dapatkan. Dari mulai diklat kesemaptaan (militer) di Pusat Pendidikan Polisi Militer, perkenalan diri di event Commanders Call (yang isinya BOD, VP dan GM seluruh bandara), presentasi ide di depan VP, diklat aviation management di STPI Curug, dan banyak lagi lainnya. Good luck untuk semua yang sedang/akan mendaftar program GDP PT Angkasa Pura II. Selagi berusaha, jangan lupa tetap berdoa dan menyerahkan semua pada Tuhan Yang Maha Esa.