The Accident

21 Oktober 2017. Tepat satu tahun yang lalu, something bad happened. I don’t know why I write this story, I just want to remind myself that I have a lot of things to be grateful for.

21 Oktober 2016. Aku masih ingat betul rincian sebelum kejadian. Saat itu Surabaya sedang hype dengan event Book Bad Wolf, pameran buku impor murah, yang saat itu baru pertama kalinya diadakan di kota Pahlawan. Aku dan Mba Amel berencana untuk pergi kesana di hari kedua event tersebut dimulai. Since Mba Amel punya Nayla, yang saat itu masih umur 6 bulan, kami harus berangkat pada malam hari, nunggu Nayla tidur, baru kita bisa berangkat.

Pendakian Ciremai 3.078 mdpl via Apuy

14-15 Oktober 2017 yang lalu, saya dan enam orang teman melakukan pendakian ke Gunung Ciremai via Apuy, Majalengka. Berhubung kami semua tinggal di Jakarta, jadi diputuskan meeting point berada di Stasiun Manggarai. Perjalan dari Jakarta menuju Majalengka ditempuh dengan menggunakan travel dengan estimasi waktu perjalanan 5 jam. Kami berangkat dari Stasiun Manggarai pada pukul 00.00 WIB dan sampai Stasiun Maja pada pukul 5 pagi.

Untuk menuju basecamp Berod, kami harus berganti transportasi menggunakan pick up dengan harga Rp. 60.000,- per orang pulang-pergi. Jadi Bapaknya nganter dan jemput kita saat pulang nanti. Perjalanan dari terminal menuju basecamp sekitar 1,5 jam dengan jalan naik turun khas pegunungan. Ohiya, kuota untuk pickup sekitar 10 orang baru bisa jalan, jadi ketika tim nya kurang dari itu, bakal gabung sama tim lain ya.

Kami sampai di Berod pada pukul 8 pagi. Untuk registrasi pendaki dikenakan biaya Rp. 50.000,- per orang (sudah termasuk sertifikat dan satu kali makan yang bisa ditukar sebelum berangkat atau saat pulang). Berhubung kami masih menanti satu orang lagi dari tim kami, jadi kami putuskan untuk menukarkan jatah makan kami untuk sarapan. Kelengkapan untuk registrasi cukup standar, yaitu fotokopi KTP, daftar kontak orang yang bisa dihubungi saat keadaan darurat, dan list perbekalan. Tepat pukul 10.00 kami memulai pendakian.