Big Bad Wolf ICE BSD 2018

Big Bad Wolf Book Sale, mengklaim dirinya sebagai pameran buku terbesar di seluruh dunia dengan diskon 60-80%, tahun ini diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan non stop 280 jam dari tanggal 29 Maret 2018 pukul 08.00 - 9 April 2018 pukul 23.59. Big Bad Wolf (BBW) Book Sale sendiri pertama kali diadakan pada tahun 2009 di Kuala Lumpur, dan baru pertama kali diadakan di Indonesia, tepatnya di Surabaya, pada tahun 2016.

Sebagai seorang penggemar buku dan pecinta diskonan, tentu saja saya tidak melewatkan event tahunan ini. BBW Book Sale menawarkan berbagai buku impor dengan genre beragam, antara lain self-help, religion, biography & memoirs, novel, history, dsb. Tidak ketinggalan buku untuk anak-anak dari mulai activity book, picture book, buku cerita, buku mewarnai, dan masih banyak lagi jenisnya. Semua buku yang dijual di BBW Book Sale memang dipatok dengan harga miring, dengan diskon sekitar 60-80%. Untuk buku impor yang biasanya dihargai sekitar Rp.250.000,- di toko buku Periplu*s, di BBW Book Sale bisa dibandrol dengan harga Rp.60.000-Rp.85.000,- saja. What a good deal, right?





Di BBW Book Sale sendiri tidak hanya menjual buku-buku impor, ada juga buku-buku lokal dari penerbit Mizan (sepertinya hanya penerbit ini yang bekerjasama dengan BBW). Selain itu ada poster, buku notes lucu, dan beberapa tenant yang menjual barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan buku, seperti contohnya The Body Shop Indonesia, Watson, TiKi, sampe tenant yang nawarin kreditan motor. Untuk makanan, di dalam BBW Book Sale menyediakan food court yang diisi oleh berbagai macam tenant, dari mulai ayam geprek, nasi campur, kentang goreng, pop corn, nasi bebek, dan banyak lagi lainnya. Transaksi di food court cashless, kita harus membeli semacam e-money dengan minimal top-up Rp.100.000,-. Tenang, bisa refund sisa uangnya kok. By the way, menurutku harga makanan di food court cukup pricey, jadi kalo mau lebih hemat bisa makan di warung yang ada di dekat Hall 10 ICE BSD.


Saya pribadi cukup kecewa dengan event BBW Book Sale 2018 karena menurut saya koleksi bukunya tidak sebanyak di event BBW Book Sale tahun sebelumnya. Buku-buku yang ditawarkan di BBW Book Sale kali ini didominasi dengan buku anak-anak dengan presentase hampir 70%. Buku self-help (mi favorito) yang dulunya di BBW Book Sale 2016 ada sampai 8 meja, kemarin hanya 2 meja. Begitupun dengan buku-buku history, memoirs, atau biography yang menurutku koleksinya tidak sebanyak tahun sebelumnya. Selain itu, pengunjung BBW Book Sale tahun ini juga lumayan sepi, padahal saya berkunjung pada hari Minggu siang, yang harusnya dipenuhi oleh pengunjung hehe.


Despite all the disappointments, aku tetep bakal nunggu event BBW Book Sale tahun depan sih. Kapan lagi bisa beli buku impor dengan harga murah yekaaan? Lumayan buat nge-stock buku buat setahun hihi.

Oh ya, untuk menuju ICE BSD dapat menggunakan moda trasnportasi umum kereta rel listrik (KRL). Dari Tangerang memilih kereta menuju Stasiun Duri, kemudian transit menuju Stasiun Tanah Abang. Di Tanah Abang, transit ke peron 6 dengan tujuan Stasiun Cisauk. Dari Stasiun Cisauk menuju ICE BSD bisa dilanjutkan dengan go-jek/grab dengan biaya lima ribu rupiah. Looking forward to BBW Book Sale 2019, semoga koleksi bukunya lebih banyak!