Del University Laguboti


Di sela-sela kegiatan dinas ke Silangit kemarin, saya dan beberapa rekan-rekan lain diundang untuk mengunjungi Del University (Institut Teknologi Del) yang ada di Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara oleh Bu Inge (Dr. Inge Magdalena Sutjahja, S.Si., M.Si.), yang merupakan mantan guru besar di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan salah satu mantan direktur di Del University pada tahun 2009-2012.

Geopark Kaldera Toba


Mengagumi keindahan Indonesia memang nggak akan ada habisnya. Selain memiliki padang edelweiss terluas se-Asia Tenggara, Indonesia juga memiliki danau vulkanik terbesar di dunia. Apalagi kalau bukan Danau Toba. Danau ini terbentuk karena letusan gunung berapi super masif, yang merupakan letusan eksplosif terbesar di bumi dalam kurun waktu dua puluh lima juta tahun terakhir. Selain berdampak pada turunnya suhu dunia, dahsyatnya letusan ini juga berdampak besar pada berkurangnya populasi manusia. Letusan ini menewaskan hampir 60% dari populasi penduduk dunia saat itu, yaitu sekitar enam puluh juta orang. Hingga kini, Gunung Toba masih tercatat sebagai gunung berapi yang aktif. Dibalik keindahannya, menyimpan kekuatan maha dahsyat yang sewaktu-waktu bisa memusnahkan umat manusia. Asli ngeri sih kalo baca sejarahnya. Sungguh bahwa manusia hanyalah anai-anai di alam semesta.

Wisata Selfie Hutan Pinus Imogiri


Hutan Pinus Imogiri adalah kawasan seluas kurang lebih 500 hektar yang dipenuhi dengan pohon pinus (Pinus merkusii), walaupun sebenernya ada banyak pohon lain yang tumbuh di kawasan itu, seperti contohnya pohon kayu putih, kasia, mahoni, dan kemiri. Sebelumnya kawasan ini dikelola oleh resort pengelolaan hutan. Setelah ijin pengelolaannya dua tahun lalu diberikan pada pihak swasta yang bekerja sama dengan masyarakat sekitar, kawasan ini semakin populer sebagai pilihan tempat wisata baru yang ada di kawasan Imogiri, Yogyakarta.

Kenapa Harus Ke Malioboro?


Kenapa sih kalo ke Jogja harus ke Malioboro?
Setiap orang pasti punya jawaban beda-beda. Pun denganku. Kalo dibilang ke Malioboro buat belanja, kayanya nggak juga. Udah beberapa kali ke Maliboro tanpa membeli satu barangpun. Tapi tetep aja, setiap ke Jogja pasti disempetin buat kesini.

Malioboro sendiri sebenernya adalah nama sebuah jalan yang ada di Kota Yogyakarta. Menjadi menarik karena jalan ini dipenuhi oleh deretan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang, seperti batik, asesoris, kerajinan tangan, tas-tas etnik, sandal, serta barang-barang lainnya yang menjadi ciri khas kota Yogyakarta. Selain itu, jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta yang berujung pada KM 0, atau yang lebih dikenal dengan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.