Del University Laguboti


Di sela-sela kegiatan dinas ke Silangit kemarin, saya dan beberapa rekan-rekan lain diundang untuk mengunjungi Del University (Institut Teknologi Del) yang ada di Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara oleh Bu Inge (Dr. Inge Magdalena Sutjahja, S.Si., M.Si.), yang merupakan mantan guru besar di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan salah satu mantan direktur di Del University pada tahun 2009-2012.

To be honest, hal pertama yang terlintas pas denger Del University adalah "Emang disini ada kampus?". Gimana nggak mikir gitu, sepanjang jalan jarang banget keliatan ada sekolah. Pernah ngelewatin beberapa SD, tapi belum pernah liat ada SMP atau SMA. Jadi tiba-tiba tau ada kampus disini adalah hal yang sungguh di luar ekpektasi.

Del University didirikan pada tanggal 30 Agustus 2001 oleh Jenderal TNI (Purn.) Luhut B. Pandjaitan yang didasari oleh keinginan luhur untuk meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat perdesaan yang kurang tersentuh pembangunan. Dengan visi "Becoming one-step-ahead Institution in the development of human talent that gives meaningful contribution to technological innovation and social sustainability", Del University telah berkontribusi langsung dalam memberikan kesempatan yang lebih baik kepada masyarakat disana melalui peningkatan kualitas pendidikan.

Del University dapat dijangkau dengan kurang lebih dua jam perjalanan darat dari Bandara Internasional Silangit di Siborong-borong. Jauh? Memang. Belum lagi jalannya yang naik turun gunung. Kalo kata Ninja Hatori, mendaki gunung lewati lembah. Cuma bedanya nggak ada sungai mengalir indah ke samudera. Apasih vi.




Aura yang berbeda langsung dirasakan sesaat setelah memasuki gerbang Del University. Bangunan-bangunan disini didominasi nuansa kayu dengan aura kampus yang begitu kental. Mahasiswa ngumpul ngerjain tugas, antri bimbingan skripsi, hingga ngobrol-ngobrol di kantin sembari jajan gorengan. Kampus Del University berbatasan langsung dengan Danau Toba. Jadi hall outdoor mereka asli kece banget. Tanpa backdrop, view-nya udah langsung Danau Toba dan Pulau Samosir.

Per Januari 2019, Del University sudah membuka 3 Fakultas dengan 8 Program Studi. Meskipun ada di daerah yang cukup terpencil, dosen-dosen di Del University rata-rata "impor" dari ITB. Fasilitas disini juga sudah bisa dibilang lengkap. Lebih lengkap dari kampus sendiri kayanya hahaha. Mahasiswa disini disediakan asrama. Makan juga disediakan 3 kali sehari dengan chef kampus yang semua masakannya tanpa MSG. Tempat yang proper banget buat belajar. Sayang kemarin pas kesini ujan derees. Nggak bisa foto-foto kampusnya dari luar. Jadi bonus foto pisang goreng Laguboti yang ena banget aja ya. Semangat terus Bu Inge dan rekan-rekan Del University yang lain. It was a great visit.