Wisata Selfie Hutan Pinus Imogiri


Hutan Pinus Imogiri adalah kawasan seluas kurang lebih 500 hektar yang dipenuhi dengan pohon pinus (Pinus merkusii), walaupun sebenernya ada banyak pohon lain yang tumbuh di kawasan itu, seperti contohnya pohon kayu putih, kasia, mahoni, dan kemiri. Sebelumnya kawasan ini dikelola oleh resort pengelolaan hutan. Setelah ijin pengelolaannya dua tahun lalu diberikan pada pihak swasta yang bekerja sama dengan masyarakat sekitar, kawasan ini semakin populer sebagai pilihan tempat wisata baru yang ada di kawasan Imogiri, Yogyakarta.

Hutan Pinus Imogiri dapat dijangkau selama satu jam perjalanan darat dari Kota Yogyakarta. Akses menuju hutan pinus Imogiri sudah teraspal halus, walaupun beberapa kali tanjakan dan turunan harus dilewati. Sepanjang perjalanan kita disuguhi dengan pemandangan perbukitan yang sejuk dan asri, membuat lamanya perjalanan terasa menyenangkan.

Tiket masuk kawasan ini sebesar Rp2.500,-/orang (Desember 2018). Apa yang bisa dilakukan disini? Taking picture, of course.  Kayanya nggak ada hal lain yang bisa dilakuin selain foto-foto dan chillin'. Ada sih beberapa pengunjung yang agak "maksa" buat piknik, tapi menurutku kurang reliable, mengingat tempatnya nggak datar (naik turun), becek (karena habis hujan), banyak pengunjung, dan kalo banyak yang piknik, nanti bikin sampah hehehe.






Buat yang dateng untuk foto-foto, waktu terbaik berkunjung kesini adalah weekdays di pagi/sore hari. Saat weekend, apalagi long weekend, tempat ini dipenuhi pengunjung. Jadi agak tricky buat foto bagus yang background-nya nggak bocor, gitu. 

Kawasan ini dikelola dengan sangat baik. Berbagai fasilitas sudah disediakan untuk membuat pengunjung nyaman berwisata di tempat ini. Dari mulai warung makan, kamar mandi, dan mushola. Semoga keasrian tempat ini terjaga selalu.