Otak-Otak Bu Yana, Oleh-Oleh Khas Tanjungpinang


Masalah bawain oleh-oleh pas lagi travelling kadang jadi hal yang dilematis. Budaya masyarakat kita yang sering kali menjadikan omongan "Oleh-olehnya jangan lupa ya" atau "Eh nitip ini dong" sebagai kalimat basa-basi (atau beneran minta bawain) ke orang yang mau pergi travelling sometimes getting annoying. Udah ga mau urunan beli tiket pulang pergi, gak ikut urunan bayarin penginapan, gak ikut urunan ngasih sangu, eh enak aja tiba-tiba ikutan minta oleh-oleh. Pun diganti uangnya, pulang dengan nambah bawaan buat aku personally sebenernya ngerepotin. Udah packing seminimalis mungkin dengan harapan biar gak repot, eh ujung-ujungnya nambah tentengan juga. Belum lagi kalo kudu bongkar tas di bandara. Fyi, ada bisnis bernama kargo dan jasa titip (jastip) buat yang pengen nitip beli barang atau mau kirim barang tanpa ngerepotin orang lain. Ini kenapa aku jadi ngomel ya.

Tapiii kalo mau bawain oleh-oleh khas Tanjungpinang, mungkin ini bisa jadi pilihan. Yap, otak-otak. Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari ikan atau udang, dicampur dengan bumbu, dibungkus daun pisang atau daun kelapa, kemudian dipanggang hingga matang. Salah satu penjual otak-otak yang cukup terkenal di Tanjungpinang adalah Otak-Otak Bu Yana yang ada di Sei Enam, Kijang, Bintan Timur. Dapat ditempuh dengan perjalanan darat kurang lebih satu jam dari kota Tanjungpinang-nya itu sendiri. Cukup jauh memang. Beli otak-otak aja sampe harus luar kota dulu.

Otak-Otak Bu Yana terbuat dari tulang ikan dan udang. Dibanderol dengan harga Rp 1.500,- per buah. Disajikan fresh karena baru dipanggang ketika kita beli. Kata Ibunya, bisa dianter ke hotel/tempat kita nginep kalo belinya diatas 100 buah. Oh iya, jangan lupa bilang ke Ibunya kalo mau dibawa flight. Mengingat baunya lumayan amis, kalo nggak di packing dengan baik, bisa-bisa di bandara diminta buat wrap. Nggak masalah juga sih cuma menurutku rugi aja kalo beli otak-otaknya Rp 75.000 dan wrap-nya Rp 50.000,-. Pengalaman kemarin nggak sampe di wrap sih, cukup di bungkus koran dan di lapisi kantong plastik dua kali.




Otak-otak termasuk makanan yang nggak tahan lama ya. Cuma tahan dua hari kalo dibiarin di suhu ruangan. Kalo masuk kulkas baru bisa tahan lebih lama. Tinggal di angetin sebentar di teflon, taraaa. Makanan ini termasuk cemilan favorit orang-orang di kantor. Jadi makanan wajib yang harus dibawa kalo ada yang dinas ke Tanjungpinang atau Pangkalpinang. Tertarik buat coba juga nggak?