Budget dan Transportasi Pendakian Kerinci dari Jakarta

Basecamp R10

Menuju basecamp Gunung Kerinci dari Jakarta dapat ditempuh, salah satunya, dengan menggunakan pesawat udara dengan tujuan Jambi atau Padang. Dari beberapa referensi yang saya baca, walaupun Gunung Kerinci berada di Jambi, namun jarak paling dekat menuju basecamp Kersik Tuo adalah dengan turun di Padang dan dilanjutkan dengan perjalanan darat. Pilihannya adalah dengan sewa mobil/travel dari bandara. Make sure sudah melakukan reservasi sebelum berangkat karena tidak akan ditemukan travel yang menawarkan jasanya di bandara.

Perjalanan dari bandara menuju basecamp Kersik Tuo ditempuh selama 9-10 jam dengan medan berkelok-kelok khas jalanan Sumatera. Tidak akan ditemukan Ind*omart atau Alf*amart sepanjang perjalanan, walaupun masih ada beberapa warung kelontong yang menjual jajanan/minuman ringan. Jadi baiknya sudah menyiapkan perbekalan dari rumah. Sesampainya di Kersik Tuo, biasanya petugas travel akan menanyakan apakah kita langsung mendaki atau menginap dulu. Jika menginap dulu, mereka akan menurunkan kita di daerah Tugu Macan, dimana masih terdapat beberapa penginapan dan warung. Dan karena tim saya kemarin memutuskan untuk langsung mendaki, maka supir menurunkan kami langsung di tempat registrasi pendakian, yaitu Pusat Informasi R.10.

Di Pusat Informasi R.10 terdapat basecamp umum yang bisa digunakan oleh pendaki secara gratis. Terdapat kamar mandi, lesehan untuk rebahan, dan dapur. Very helpful buat rombongan yang langsung mendaki, jadi bisa bersih-bersih badan dulu sebelum memulai pendakian. Dari Pusat Informasi R.10 menuju Pintu Rimba dapat ditempuh dengan menggunakan pickup. Jangan lupa mencatat nomor sopir pickup dan travelnya agar bisa menghubungi saat pulang.

Shelter 2

Berikut adalah rincian biaya saat pendakian Gunung Kerinci saya dan tim April 2019. Biaya yang tercantum di bawah tidak termasuk biaya makan sebelum dan sesudah pendakian. Walaupun berada di tempat wisata, makan di kota Padang-Jambi masih tergolong normal, tidak terlalu mahal. Makanannya pun enak.

Budget Kerinci

Read more about this trip:

6 comments

  1. Bagus kak, kalau kemarin aku via darat perjalanan lama bingit😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren euy kuat via darat, aku sudah pasti tida shanggup karna jalan dari bandara ke pos kerinci aja pantat udah berasa panas hahaha

      Delete
    2. Nah itu dia 😁 btw mba dari jakarta kah ?

      Delete
  2. makasih kak atas informasi nya. salam kenal , salam lestari

    ReplyDelete
  3. mba total berpa hari sih dr awal berangkat sampai tiba dijakarta lagi? please aku lagi mau rencana kesana nih mau nentuin cuti hehe

    ReplyDelete