Jalan-Jalan Malam di Singapore

Singapore malam hari

Karena emang stay di Singapore-nya nggak lama, jadilah bener-bener maksimalin waktu sebisa mungkin. Setelah makan sore setengah malam di daerah Bugis, langsung lanjut jalan-jalan malam ke daerah Marina Bay. Tujuannya sebenernya pengen dapet tiga tempat sekaligus, yaitu Marina Bay, Garden By The Bay, sama Merlion. Tapi ternyata cuma dapet Marina Bay dan Merlion karena saya udah gempor jalan jauh.

Menuju Marina Bay dapat ditempuh menggunakan MRT ambil jalur Downtown Line, turun di Promenade, ganti kereta ambil jalur Circle Line lalu turun di Bayfront. Sesampainya di stasiun Bayfront tinggal jalan keluar dari stasiun, yang ada di mall, buat liat Marina Bay-nya. Sempet bingung nyari dimana Marina Bay-nya, eh ternyata kita udah ada di gedung Marina Bay-nya itu sendiri. Jadi perlu jalan keluar agak jauh buat liat Marina Bay-nya secara jelas dan biar dapet fotonya bagus (teteup).

Saya juga baru tau kalo ternyata di pelataran Marina Bay sering ada pertujukan. Sempet heran kenapa banyak banget orang duduk-duduk, eh ternyata gak lama show-nya mulai. Show-nya sebenernya "cuma" nampilin air mancur nari-nari, tapi efek proyektor dan sound yang somehow bikin show-nya jadi kece banget. Gak heran sih kenapa banyak turis yang jadi nungguin show ini.

Penonton nungguin show di Marina Bay

LV, anyone?
LV, anyone?

Singapore malam hari

Jembatan dari Marina Bay ke Merlion

Aku dan Marina Bay
Akunya blur oke gapapa :)

Singapore malam hari

Singapore malam hari

Aku dan Merlion

Abis liat show air mancur, langsung lanjut ke Merlion. Sebenernya sempet galau sih mau ke Merlion atau Garden By The Bay, karena dua tempat ini beda arah. Akhirnya milih Merlion karena apa arti ke Singapore tanpa foto di Merlion yekan. Ssst, denger-denger katanya Merlion juga mau dihancurin loh karena ada proyek jalan penghubung pantai utara dan selatan Resort World Sentosa, dan sampe sekarang belum ada rencana relokasi. Jadi mari kita ke Merlion saja sebelum patung singa ini nggak tau kemana rimbanya.

Dari Marina Bay ke Merlion bisa jalan kaki (kalo mau) dengan jarak kira-kira 2 km. Kalo mau jalan kaki ambil arah lewatin jembatan lalu ikutin jalan aja karena udah keliatan patung Merlion-nya. Jauh gak? Iya. Tapi sepanjang jalan ke-distract sih sama view gedung-gedung Singapore di malam hari dan Marina Bay yang makin jauh makin keliatan cakepnya. Gak keitung dah berapa kali berhenti cuma buat foto-foto hahaha!

Stasiun MRT paling deket sama Merlion adalah stasiun Raffless Place. Jadi bisa balik dari stasiun ini kalo abis main di Merlion. And I would say jalan-jalan malem di Singapura is totally safe. Disini minim kejahatan karena mungkin pemerintahnya teges banget soal hukuman dan denda, jadinya nggak ada yang berani macem-macem. Waspada mah teteup harus ya. Tapi insyaallah aman-aman aja okeeey.

Budget:
MRT dari Bugis ke Bay Front, Raffles Place ke Bugis: approx IDR 20.000,-
Tiket Marina Bay, Merlion: Free of charge.

Read more about Singapore trip in here.

No comments