The Amazing S.E.A. Aquarium Singapore


Bingung mau kemana di Singapore? Maybe S.E.A Aquarium bisa dijadikan pilihan, because it was really great. Jangan bandingin Sea World Ancol dengan S.E.A Aquarium Singapore ya. Karena Sea World nggak ada apa-apanya hehe. S.E.A Aquarium adalah aquarium raksasa dengan koleksi lebih dari 100.000 hewan laut dengan lebih dari 800 spesies. S.E.A Aquarium ini terletak di kawasan Resort World Sentosa yang masih satu kompleks dengan Universal Studio Singapore. Untuk menuju kesini via MRT bisa ngambil jalur Harbour Front lalu turun di Vivo City dan dilanjut dengan monorail ke kawasan Sentosa.

Naik monorail ke Sentosa nggak bisa pake EZ Link/VISA. Kita harus beli lagi tiket dengan harga SGD $4 untuk one day pass aka pulang-pergi, jadi balik ke Vivo City-nya kita ga perlu beli tiket lagi gitu. Kita bisa turun di Universal Studio Singapore trus jalan kaki deh ke S.E.A Aquarium. Nggak jauh sih cuma panas aja.

Tiket Sentosa Express

Oh iya FYI, dulu kalo mau masuk S.E.A Aquarium kita bakal lewatin The Maritime Experiental Museum dulu. Nah sekarang ternyata udah dipisah. Jadi kalo kita beli tiket S.E.A Aquarium ya cuma dapet S.E.A Aquarium aja. Kalo mau masuk The Maritime Experiental Museum harus beli tiketnya lagi.

S.E.A Aquarium buka dari jam 10-7 malam. Pertama masuk S.E.A Aquarium kita akan disuguhi dengan layar gede banget isinya berbagai jenis ikan-ikan. Ini baru masuk aseliii udah seneng bangeet. Kalo lagi rame dan nggak dapet foto yang bagus selow aja, karena setelah ini masih banyak spot-spot foto yang lebih keren. Dari mulai hiu, belut, macem-macem koral, sampe ubur-ubur. My favourite section was jellyfish. Gatau keren aja gitu menurutku liat kolam isinya macem-macem ubur-ubur. Ditambah dengan efek lampu warna warni yang bikin gerakan ubur-uburnya jadi makin dramatis. Keren.

Pintu Masuk SEA Aquarium

Baby Shark dududuudu

Shark SEA Aquarium

Belut Listrik

Inceptions

Jellyfish!

Aku dan ubur-ubur

Ubur-ubur

Capek? Jangan duduk dulu. Mending duduk di section manta rays. Disini kita bisa ngaso di lantai dengan view layar gedeeeeeee banget isinya manta rays dan ikan lain yang asik "terbang" di depan kita. Asli ini kece banget sih. Tempat duduknya juga luas dengan tiga tingkat jadi kita gak perlu rebutan sama pengunjung lain buat enjoy the view atau foto-foto cantik. Disini juga ada jadwal buat show ngasi makan ikan-ikannya. Perhatiin jamnya biar nggak kelewatan kalo mau liat show-nya. Di S.E.A Aquarium juga ada restoran dimana pengunjung bisa makan siang fancy di lorong aquarium raksasa. Harganya SGD $232. Oke mari kita melipir makan di luar aja ya hehe.

Manta Rays SEA Aquarium Singapore

Me and Manta Rays SEA Aquarium Singapore

Mantaaaaa

SEA Aquarium Singapore

Ada Shark di bawah kakiku

Jadi S.E.A Aquarium worth to visit nggak?
Iya. Banget. Banyak kuliat anak-anak kecil yang seneng banget disini. Dan emang no wonder sih, aku aja seneng banget haha! I would say S.E.A Aquarium lebih cocok buat anak-anak dibanding USS. Disini suasananya lebih calm dan edukatif dibanding USS yang pace-nya cenderung tinggi. Kalo USS mah yang seneng emak bapaknya yekan.

Tips ke S.E.A Aquarium Singapore:
  1. If it possible, datanglah pas weekday instead of weekend. Nggak rame, lebih santai, dan lebih gampang foto-foto bagus karna gak banyak orang.
  2. Beli tiket online karena lebih murah. Tiket on the spot dibandrol dengan harga around $38 (Oktober 2019). Sedangkan kalo beli tiket online di marketplace bisa dapet arund IDR 260.000. Lumayan kan bedanya.
  3. Siapin air minum. Nggak seperti USS yang banyak bertebaran tap water, disini nggak ada tab water sama sekali. Yang jual ada sih, tapi harganya relatif lebih mahal dibanding harga di luar. Bawa minuman dari luar kayanya aman-aman aja karena di pintu masuk nggak dicek bawa apa aja. 
  4. Karena tempatnya satu kawasan sama Universal Studio Singapore, jadi sebenernya lebih baik ke S.E.A Aquarium-nya di hari yang sama. But I'm pretty sure nggak akan maksimal kalo satu hari langsung ke USS dan S.E.A Aquarium since USS aja udah makan waktu hampir seharian. Kalo ke USS dan S.E.A Aquarium beda hari kita harus ngeluarin additional cost SGD $4. Jadi pilih aja mau baiknya gimana okeey.

Budget:
MRT PP dari Bugis ke Vivo City: approx IDR 30.000
Tiket monorail PP dari Vivo City ke Sentosa: SGD $4
Tiket masuk S.E.A. Aquarium: IDR 263.000 (beli disini)

Read more about Singapore trip in here.

No comments