Budget, Itinerary, dan Transportasi Singapura 3H2M

SIM card lokal singapura

Ngobrolin budget sebenernya ini subjektif banget. Mau makan dimana, mau belanja apa, ya itu ngaruh banget ke seberapa banyak budget yang dikeluarkan. Mau nginep di dorm atau hotel juga pasti beda harganya. Setiap orang punya cara-cara sendiri gimana ngatur pengeluaran selama liburan. Kalo aku, dalam ngatur expense selama liburan biasanya aku bagi mana yang sekiranya "harus" atau mau banget dilakuin dan mana yang bisa ditolerir buat meminimalisir budget. Contohnya, kalo buatku, nginepnya prefer di dorm/share room bisa di tekan biayanya karena cuma buat numpang tidur doang. Duitnya mending buat jajan atau main-main hihi.

So here it is, budget yang aku keluarin selama 3 hari 2 malam main-main ke Singapura. Dibilang backpacker sebenernya engga juga karena tetep main cantik ke Universal Studios Singapore dan S.E.A Aquarium lol. Soal makan emang nggak yang ke resto gitu sih. Prefer buat ke foodcourt atau nasi bungkus dengan lauk ayam/daging seharga SGD 4 biar tetep bisa jajan es krim dan kopi ehehe.

Biaya dan itinerary singapura 3H 2M

*belum termasuk biaya makan, belanja, atau beli oleh-oleh

Beberapa tips untuk jalan hemat di Singapura:

Mending pake Jenius card buat transportasi instead of beli 3 days Singapore Tourist Pass seharga SGD 30 (isi kartu SGD 20 dan deposit SGD 10). Selama di Singapore 3 hari kemarin, kemana-mana selalu naik MRT dan abisnya nggak sampe SGD 20. Seamless karena langsung tap and go, dan nggak perlu tuker kartu lagi pas pulang buat ambil uang depositnya. Kurs jenius juga masih terbilang oke, nggak terlalu mahal. So I would recommend this product walaupun tidak di sponsor Jenius sama sekali. Tapi kalo ada tawaran disponsorin mau sih ehe.

Untuk kebutuhan internet selama liburan, beli aja Sim Card lokal buat turis yang biasanya cuma berlaku 7 hari dengan isi 100GB internet. Kalo jalannya nggak sendiri gimana? ya tathering/mobile hotspot. Cara ini jauh lebih murah dibanding sewa wifi portable macem pass*pod dsb. Selama di penginapan ada wifi sih menurutku cara ini masih reliable.
Sebagai perbandingan, sim card seharga 117ribu (100GB, aktif 7 hari), sedangkan wifi portable 139ribu (deposit 500ribu, 2GB per hari setelah itu kecepatannya diturunkan).

Hmm, have I mentioned tumbler?
Yes, kalo ke Singapore menurutku wajib sih bawa tumbler. Air mineral 600ml di Singapore dihargai SGD 1,2 sampai SGD 2. Ditambah Singapore panasnya kaya Jakarta, bawa tumbler is a key. Tinggal isi tap water kemudian minum deh gratis. Airnya mostly air dingin pula jadi asik deh. Btw for you who might wondering apakah air kran di Singapore bisa diminum langsung atau nggak, jawabannya adalah sebenarnya bisa. Air yang dialirin pemerintah sana sebenernya udah siap minum, tapi kualitas pipa yang akhirnya nentuin apakah airnya masih bagus/engga pas sampe ke tangan kita. Amannya sih tetep minum dari tap water aja ya gengs.

Read more about Singapore trip in here.

No comments