Universal Studio Singapore: My Happy Place

Bola dunia USS

Pertama kali ada rencana ke Singapore, udah insist banget buat ke Universal Studio Singapore (USS). Seniat itu sampe sediain waktu seharian penuh cuma buat maen di USS. Gatau kenapa ya, kaya themepark ini udah jadi my dream place since forever dan aku pengen nyobain roller coaster di luar negeri lol. Sama seperti S.E.A Aquarium, USS ini terletak di kawasan Resort World Sentosa yang bisa ditempuh pake MRT. Ambil jalur Harbour Front lalu turun di Vivo City dan dilanjut dengan monorail ke kawasan Sentosa. Tiket monorail one day pass-nya dihargai SGD $4. Jadi nanti balik ke Vivo City-nya nggak pake bayar lagi.

Walaupun udah niat mau berangkat pagi, tetep aja rada ngaret karena kemarennya kecapean. Jadilah baru siap jam 9 pagi. Better udah sarapan dulu karena selain aktivitasnya di USS mostly outdoor, makanan dan minuman di USS juga rada pricey.

Pertama dateng di USS, ngapain lagi kalo nggak foto di depan bola Universal Studio! Foto disini tricky banget. Udah kudu nungguin bolanya muter dulu biar keliatan tulisannya, ditambah lagi kalo berangkatnya kesiangan macem saya. Jadinya yasudah legowo aja nerima fotonya dihiasi background pengunjung lain yang juga mau foto disini karna males banget mau photoshop-in satu-satu yekan.

Bola dunia USS

Universal Studio Singapore

Hollywood Area

USS sendiri terbagi menjadi beberapa section dengan tema yang berbeda. Ada section Hollywood, New York, Sci-Fi City, Ancient Egypt, The Lost World, Far-Far Away, dan Madagascar. Menurutku nggak usah terlalu ambisius mau nyobain semua wahana-nya deh, dengan luas sebesar itu ditambah waktu tunggu masing-masing wahana, menurutku it is nearly impossible. Cukup pilih mana-mana aja yang harus dicobain dan mana yang nice to try. Beberapa wahana yang ku cobain kemarin antara lain:

Merry Go Round

King Julien's Beach Party-Go-Round
Gatau kesambet apa main ini duluan. Rasanya ya kaya main komedi putar. Sempet rada malu karena mostly yang naik bocah-bocah. Tapi ternyata banyak juga orang tua yang nemenin anaknya main ini. Jadi anggep aja lagi babysitting hihi.

Lights, Camera, Action

Lights, Camera, Action! by Steven Spielberg.
Wahana ini nyeritain gimana proses pembuatan efek film, dari mulai hujan, badai, sampe kebakaran. Menariknya, kursi tempat penontonnya ternyata bisa gerak dan waktu badai emang ada airnya beneran jadinya seru dan bikin amaze aja. Basahnya cuma cipratan air aja kok, jadi yang gamau basah-basahan masih aman.

TRANSFORMER The Ride.
Disini ceritanya pengunjung bakal ikut bertarung bareng Optimus Prime buat selametin dunia. Pengunjung naik semacem kereta dan dikasi kacamata 4D. Seru. Banget. Meskipun ku tau itu cuma boongan tapi bener-bener seems so real. Dari mulai jatuhnya, efek kena lemparan besinya, sampe basah-basahan yang of course pake air beneran.

Battlestar Galatica

Battlestar Galatica: Human vs. Cylon
Ini adalah wahana roller coaster dengan dua track yang beda. Merah buat Human dan abu-abu buat yang Cylon. Dan jenis track-nya pun juga beda. Kalo yang Human dia kaya duduk biasa sedangkan yang Cylon kaya duduk ngegantung gitu. Well karna nyaliku nggak segede itu mari kita coba yang Human aja hehehe. Buat main ini harus bener-bener cuma bawa badan doang. Loker ada di sebelah kiri sebelum masuk ke wahananya. Oh iya tempat masuknya juga beda ya. Jadi harus dipastiin kalo mau main yang Human ya masuk lewat Human dan begitu juga sebaliknya. Gimana pendapatnya setelah main ini? Ngeri-ngeri sedap euy. Tapi kalo dikasi kesempatan tetep mau lagi sih.

Canopy Flyer
Canopy Flyer ini sebenernya semi roller coaster dengan track yang lebih kecil dan speed-nya nggak secepet roller coaster. Dudukannya juga beda sih, nggak memanjang gitu tapi cuma berempat dengan sisi yang berbeda. Ada yang ngehadep ke jalan dan ada yang membelakangi gitu. Awalnya aku underestimate karna udah nyobain roller coaster yang lebih serem. Tapi ternyata ini ngeri juga hahaha. Mungkin karena dudukannya digantung gitu ya, jadi goyang-goyang ngikutin arah cantolannya. Kalo roller coaster gitu kan steady.

Madagascar: A Crate Adventure
Di wahana ini pengunjung akan naik kapal gitu menyusuri semacam sungai artificial dengan alur cerita Madagascar. Saranku, nonton filmnya Madagascar dulu biar nyambung sama ceritanya. Recommended gak? Well, setelah nyobain Battlestar Galatica dan Canopy Flyer, naik ini jadi berasa kentang banget. Tapi boleh lah buat cooling down setelah naik yang high paced.

Puss & Boots Giant

Tips ke Universal Studio Singapore:
  1. Bawa tumbler. Singapore panas, gaes. Ditambah harga makanan dan minuman di USS cenderung lebih mahal. Fair enough karena pengelolanya nyiapin banyak spot tap water. Jadi bawalah tumbler agar tidak dehidrasi badan dan dompet.
  2. Ambil Studio Guide di dekat pintu masuk biar tau denah USS, so helpful.
  3. Buat yang muslim, ada praying room yang ada di area Madagascar. Yang perlu diperhatiin adalah nggak ada mukenahnya. Jadi mending siap-siap bawa mukenah dari pada bingung harus gimana sholatnya. Buat wudhunya bisa di wastafel toilet karna memang nggak disediain. Siap-siap diliatin aja ngapain ni orang angkat kaki ke wastafel yekan.
  4. Ada beberapa tempat makan di dalam USS. Kemarin yang kucoba adalah Discovery Food Court dengan range harga SGD $13-$20 untuk satu menu makanan.
Budget:
MRT PP dari Bugis ke Vivo City: approx IDR 30.000
Tiket monorail PP dari Vivo City ke Sentosa: SGD $4
Tiket masuk Universal Studio Singapore: IDR 609.000,- (harga per-Oktober 2019, beli disini)

Read more about Singapore trip in here.

No comments