Berburu Sunrise di Labuan Bajo

Sunrise di Bukit Sylvia

Awalnya nggak ada sama sekali niatan buat jalan-jalan di sekitaran Labuan Bajo selain ke tempat-tempat yang emang didatengin waktu ikutan day trip. Tapi karena bosen juga cuma leyeh-leyeh di hotel, kita putusin buat jalan-jalan di sekitar sini sembari nunggu flight ke Bali berbekal motor sewaan dari hotel dengan tarif Rp 60.000 per 24 jam. Sewa motor bisa banget dipertimbangin kalo mau jalan-jalan di sekitaran Labuan Bajo. Setau saya banyak hotel yang menyediakan fasilitas ini. Di sepanjang jalan Soekarno-Hatta juga banyak sih tulisan sewa motor, cuma kurang tau selalu available atau enggak.

Setelah browsing-browsing bentar, muncullah rekomendasi buat ke Bukit Sylvia. Lagi di tempat cakep gini sayang banget kalo gak liat sunrise kan? Dengan niat kuat untuk liat sunrise, sekitar jam 5 pagi kami otw dari hotel menuju Bukit Sylvia. Bukit Sylvia merupakan salah satu bukit yang ada di Labuan Bajo yang tanahnya dimiliki oleh orang yang bernama Sylvia. Tapi kayanya udah dipindahtangankan sih, banyak yang bilang sekarang namanya Bukit Amelia, dan emang ada plang disana yang menyatakan tanah di bukit ini dimiliki oleh Amelia.

Fyi kami nginep di Hotel Eco Tree O’tel yang berjarak sekitar 2 km dari pelabuhan. Dari hotel ke Bukit Syvia cuma 10 menit (sekitar 4 km) naik motor dengan medan naik turun bukit. Tempat-tempat di Labuan Bajo rata-rata emang deketan, masih dalam radius 4 km lah. Jalanan di Labuan Bajo sekarang juga udah aspal mulus, jadi menurutku enak banget jalan-jalan motoran disini tuh.

Bukit-bukit Sylvia

Bukit-bukit Sylvia

Bukit di Labuan Bajo

Sesampainya disana, kita bisa parkir kendaraan dan mulai jalan ke atas bukitnya. Nggak ada yang jagain kawasan ini sih, jadinya ya nggak kena parkir atau tiket masuk. Buat menuju puncak bukitnya emang harus treking dikit. Kalo nggak mau ke ujungnya juga bisa aja, tapi yang pasti makin tinggi ya makin cakep view-nya.

Sayang waktu kesini kemarin agak mendung, jadinya sunrise-nya nggak keliatan yang jelas banget gitu. Tapi pemandangan laut dan bukit-bukit di Labuan Bajo teteup worth to see sih. Bukit Sylvia bisa banget dijadiin pilihan kalo ada yang mau enjoy sunrise atau sunset di Labuan Bajo. View cakep dan free of charge.

Sunrise cantik

View Laut Labuan Bajo

portrait


Read more about Labuan Bajo trip in here.

No comments