Get Well Really Soon, Bali

Hard Rock Cafe


Everything feels like a dream, right? Kaya mimpi aja gitu perasaan di Bulan Februari masih bisa pulang ke Surabaya, main-main ke Taman Safari, trus tiba-tiba di Maret everything changes. Kita kalo keluar harus pake masker, nggak boleh keluar rumah, nggak bisa ngantor kaya biasa. It just like a dream yang sampe sekarang gatau kapan bangunnya.


Setelah sembilan bulan bener-bener di rumah aja, akhirnya November ini memberanikan diri buat main-main ke Bali karena tergiur flash sale hotel dan villa kece disana. Of course rencananya staycation di hotel aja, nggak ke tempat wisata sama sekali, dan pakai masker terus. After bunch of preparation and rapid test, so Bali here we go.


Selama di Bali sebenernya kami road trip. Dari mulai ke Ubud, Kintamani, sampe ke Kuta. Tapi di Daerah Kuta-lah saya baru sadar betapa pandemi ini bener-bener memukul ekonomi Bali. Jalanan di sekitar pantai Kuta yang biasanya dipenuhi turis, baik domestik atau internasional, bener-bener kosong melompong. Toko yang berjejer di dekat pantai Kuta tutup semua, dari mulai toko sovenir sampe Starbucks. Hotel-hotel pun nasibnya sama. Hanya hotel yang punya jaringan gede macem Mercure dan Best Western yang masih bertahan, lainnya mostly udah tumbang.


Legian

Kuta

Kuta Beach

Gerbang Pantai Kuta

Kuta

Kuta Beach Walk

Kuta

Kuta

Kuta Street


Asli sedih banget ngeliat kondisi Bali kaya gini. Buat yang pernah ke Bali waktu kondisi normal pasti tau, biasanya even naik motor di daerah Kuta tuh kena macet. Ini bener-bener sepi hampir nggak ada orang sama sekali. Di daerah Legian pun nggak jauh beda. Kalo di Ubud atau Kintamani karena emang dasarnya sepi sih ya jadinya nggak gitu ketara. 


Kalo udah gini rasanya malu mau komplain perkara tiket pesawat hangus atau di-refund karena I know many people got much worse. Dari mulai bisnis bangkrut, dirumahkan, atau bahkan kehilangan orang-orang terdekat. Get well really soon, Bali. Rise and shine! 


P.S. : Sorry for shaky picture. It was taken sambil naik motor lol

No comments