Bandung Food Diary

Toko Kopi Djawa


Salah satu hal yang baru kusadari adalah: AKU SUKA BANDUNG! I mean, diantara daerah sekitaran Jabodetabek, Bandung is my favourite one. The ambience and the foods make me fall in love over and over again. Meski bisa dibilang baru ke Bandung dalam hitungan jari, here we go my list of a-must-try food when in Bandung


Cuanki Serayu


Buat orang Jawa Timur pasti asing dengan makanan satu ini. Cuanki ini basically mirip sama bakso, hanya saja pentol/baksonya komposisinya lebih banyak aci/tepung kanji-nya dibanding daging. Personally buat aku yang dasaran emang suka aci dan makanan berkuah, dari pertama kali coba langsung doyan banget sama Cuanki Serayu ini. 

Cuanki Serayu ini ada di Jalan Serayu Nomor 2, Cihapit. Tempat makannya terbadi jadi dua, ada yang indoor dan outdoor dengan tenda-tenda kecil isi maksimal empat orang. Kita bakal langsung tau dimana Cuanki Serayu-nya karena ya emang serame itu. Yang bawa motor bisa parkir di depan warungnya langsung, tapi buat yang bawa mobil emang rada untung-untungan, kalo lagi rame banget bisa-bisa dapet parkir di ujung jalan yang mana harus jalan lagi. Tapi untuk ukuran warung yang rame banget, Cuanki Serayu bisa dibilang pelayanannya cepet dan kalo mau request masih dilayani (hospitality in Surabaya can't relate lol). 

Cuanki Serayu

Cuanki Serayu

Cuma ada dua menu di Cuanki Serayu, yaitu cuanki dan batagor. I have tried both dan favoritku adalah cuanki-nya. Rasanya seger gitu apalagi dimakan siang-siang pas lagi panas-panasnya. Rasa ikannya juga masih kerasa, gorengnya yang krispi juga nambah tekstur di whole cuanki-nya. Buat batagornya menurutku enak sih, cuma nggak sampe yang wow gitu karena ada batagor yang mirip rasanya di daerah BSD sini. Banyak yang bilang cuanki ini overrated dan terkenal di kalangan turis doang, well, maybe yes maybe no. Will try another cuanki so we can compare then. 

Toko Kopi Djawa

Pertama kali cobain toko kopi ini gara-gara penasaran liat ada toko kopi yang rame banget di Jalan Braga. Akhirnya mampir buat cobain. Kalo dateng di malam minggu ku jamin rame banget sama muda-mudi Bandung. Interior tempat ini emang sengaja dibuat vintage gitu, ditambah bangunannya yang emang tua, jadinya ambience historisnya dapet banget. Kalo untuk luasanya sendiri, bisa dibilang gak terlalu luas, dan mungkin emang di desain buat grab and go aja gitu nggak yang buat ngobrol lama. 

Toko Kopi Djawa

Toko Kopi Djawa

Toko Kopi Djawa

Kami cobain dua kopinya yaitu Es Kopi Toko Djawa (es kopi dengan gula aren) dan Es Kopi Awan (es kopi gula aren dan creamy foam). Fore me personally, lebih suka Es Kopi Awan karena selain unik dikasi foam gitu, rasanya juga lebih enak. Es Kopi Toko Djawa cenderung terlalu manis kalo buatku. Will give a try another time with less sugar

Iga Bakar Si Jangkung

Buat yang bingung malem makan apa waktu di Bandung, maybe you should try this one. Iga Bakar Si Jangkung ada di Jl. Cipaganti No.75G, Pasteur menjual berbagai olahan daging yang bikin kita feeling guilty tiap abis makan tapi tetep aja dimakan lol. Ada banyak menu makanan disini, tapi yang terkenal ya iga bakarnya. Iga bakar disini disajikan udah tanpa tulang, lalu dimasak di atas semacam hot plate gitu dan diantarkan ke konsumen langsung dengan hot plate-nya. Jadi iga bakarnya fresh dan bener-bener panas pas kita makan. Untuk rasanya sendiri enak sih, ringan gitu nggak yang berbumbu banget tapi juga nggak yang hambar. Jangan lupa ambil cabenya buat nambah sensasi pedes yang bikin rasanya makin komplit.

Iga Bakar Si Jangkung

Kalo mau kesini juga expect antri sih. Walau sepengalamanku so far nggak sampe yang lama banget antrinya, sekitar 10-15 menitlah. Satu porsi iga bakar dan dihargai sekitar 50 ribu udah sama nasi dan es teh. Cukup worth it untuk ukuran iga tanpa tulang.

Sate Jando Belakang Gedung Sate

Catetan pertama sebelum makan ini buat orang-orang picky eaters adalah jangan dibayangin bahan bakunya. Sate Jando adalah sate yang menggunakan lemak susu sapi. Ada banyak yang jual sate jando di Bandung, salah satu yang terkenal adalah Sate Jando di Jalan Hayam Wuruk (belakang Gedung Sate).

Sate Jando Gasibu

Sate Jando Gasibu

Sate Jando Gasibu

Expect bakal antri panjaaang banget kalo mau cobain ini. Make sure jangan kesini kalo emang lagi laper banget, daripada marah-marah yekan. Kemarin kesini antri sekitar satu jam for the sake of cobain kuliner satu ini. Jadi rasanya gimana? Well, awalnya kukira rasanya bakal kaya makan lemak/gajih gitu tapi ternyata engga! Rasanya lebih creamy dibanding gajih. Buat aku kalo makan ini harus dipakein sambel biar nggak eneg. Ada banyak pilihan lain kalo nggak mau jando-nya sih, ada sate ayam biasa atau sate daging juga ada. 

That's it. Will update the list when we find another must-try-food in Bandung. Nulis ini jadi pengen cuanki lagi deh fufufu.

No comments