Isle of Skye

The Highlands Cow


Isle of Skye nggak pernah ada dalam rencana trip kita sebelumnya karena kita cuma punya waktu dua hari satu malam sebelum kami melanjutkan perjalanan ke Iceland. Tapi karena suami bilang kepingin banget ke Isle of Skye, jadilah aku cari-cari info is it possible to go to Isle of Skye just in two days? And the answer is, YES it is possible! Jadilah kami rombak lagi itinerary dengan masukin Isle of Skye diantara kunjungan kami ke Edinburgh dan Glasgow.


Kita nyontek itinerary dari We Dream of Travel, walau pada realisasinya tentu saja nggak bisa seideal seharusnya karena beda energi ya bund. Starting point kami dari Edinburgh dan berakhir di Glasgow. Sebenernya banyak trip operator yang nyediain tur ke Isle of Skye baik dari Edinburgh atau Glasgow. Hanya saja, sejauh informasi yang kita dapet dari ubek-ubek Google, nggak ada satupun yang nawarin tur dalam dua hari, semuanya dalam tiga hari. Jadilah sewa mobil jadi pilihan kami satu-satunya. 


Isle of Skye adalah pulau terbesar dan paling utara dari the Inner Hebrides of Scotland dan terkenal dengan lanscape-nya yang cakep banget. Pemandangannya bervariasi dan berubah-ubah tergantung dari batuan yang mendasarinya. Ada banyak banget jenis batuan di pulau ini. Dari mulai sedimen, metamorf, dan batuan beku yang terbentuk dari zaman Archaean hingga Quaternary. Nggak heran ya karena Scotland termasuk benua purba yang terbentuk dari 2800 juta tahun yang lalu.


Highlands Road

Highlands Road

Highlands Road

Highlands Road


Menuju Isle of Skye dari Edinburgh menurut Google Maps memakan waktu kurang lebih enam jam. Rencana hati berangkat jam lima pagi ujung-ujungnya molor juga karena selain riweh nyiapin sarapan dan bekal makan siang, juga karena jam segitu di Edinburgh masih gelap banget. Sekitar jam 8 pagi kami ambil mobil dari parkiran dan lanjut perjalanan menuju Isle of Skye.


Sepanjang perjalanan, pemandangannya bagus banget! It is truly amazing. Nggak keitung berapa kali kita berhenti untuk foto-foto atau sekedar chillin enjoying the lanscape. Jalanan disini juga banyak dijadiin setting film. Salah satunya adalah Skyfall, film ke-23 dari James Bond series yang pas scene dia balik ke rumah masa kecilnya. Fyi, ada banyak tempat pemberhentian/parkir sementara untuk yang mau berhenti foto-foto. Make sure you stop in the right place. Again, dendanya bisa 1.000 pound. Menangys gak tuh.


Highlands Road

Highlands Road

Cotton Candy

Rencana awal mau mampir ke Glenfinnan Viaduct buat liat kereta Harry Potter, ujung-ujungnya harus direlakan karena selain karena kita kesiangan berangkatnya, juga karena ferry dari Mallaig ke the Isle of Skye nggak beroperasi hari itu. Kita sempet mampir ke Eilean Donan Castle, yang merupakan kastil pertama yang dibangun pada abad ke 12 untuk melindungi dari Bangsa Viking yang mulai memperluas kekuasaannya.


Dari Eilean Donan Castle kami langsung menuju The Cowshed, tempat kami menginap malam itu. Kalo ke Isle of Skye biasanya orang-orang nginepnya di Portree. Cuma karena kami kebetulan kesananya pas weekend dan rencananya dadakan, jadilah banyak hotel yang udah sold out. Kalopun ada yang masih available, harganya bisa dua kali lipat hari biasa. Jadilah kami melipir nginep di daerah Uig karena hanya disitu yang harganya masih reasonable.


Abis istirahat, besokannya rencana pagi-pagi mau ke The Old Man of Storr lagi-lagi gagal karena kami capek banget. Nggak kebayang dah tuh kalo harus hiking subuh-subuh dengan durasi empat jam PP. Toh abis gini juga ke Iceland, kata kami beralasan lol. Praktis trip kami ke Isle of Skye technically cuma mampir ke Eilean Donan Castle, selebihnya di jalan dan di penginapan. So are we regretting it? For me, nggak sama sekali karena justru pemandangan di jalannya yang epic banget. Apalagi buat aku yang emang suka road trip, it was really beautiful. Tapi kalo emang punya waktu lebih, better emang at least tiga hari ya. Atau kalo gak, nggak usah sampe Isle of Skye, cukup ke Highlands-nya aja. 


Psst, jangan lupa "berburu" Hairy Coos (Highland Cows), aka sapi jamet khas Scottish Highlands. Hairy Coos adalah hewan khas Highlands dan katanya cuma bisa ditemuin disini. It is little bit tricky, because there is no specific place that we can see them. But if you put your eyes along the road, you might spot them :)


The Highlands Cow

Hairy Coos

Hairy Coos

Read more about Scotland trip in here.

No comments